PCNU Kota Pasuruan Terbitan Surat Edaran Menyambut Bulan Ramadhan 1445 H

Purworejo, NU Kota Pasuruan

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pasuruan mengeluarkan surat instruksi untuk menyambut bulan Ramadhan yang ditujukan kepada Badan Otonom (Banom) lembaga danMajelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se- Kota Pasuruan, Rabu (13/3/2024).

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PCNU Kota Pasuruan Gus H M Nailurohman mengatakan bahwasanya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 kami PCNU Kota Pasuruan mengintruksikan beberapa hal diantaranya adalah menghormati bulan Ramadhan dengan menjalankan ibadah puasa dan menghormati orang-orang yang berpuasa.

“Kedua menghimbau kepada para penjual makanan dan minuman siap saji agar tidak membuka layanan makan/minum di tempat sebelum pukul 16.00 WIB,” ujarnya.

Adapun yang ke tiga untuk lembaga dan banom agar membuat rencana kegiatan-kegiatan yang produktif untuk menghidupkan bulan Ramadhan, salah satunya dengan menghadiri pengajian rutin menjelang berbuka di musholla kantor PCNU.

“Keempat memasang spanduk sambut Ramadhan dari PCNU Kota Pasuruan dan melaporkannya melalui link: https://s.id/SR1445H,” imbuhnya.

Keliama menyemarakkan bulan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan seperti sholat tarawih, tadarus, khotmil qur’an, berbagi takjil, I’tikaf, pengajian dan sedekah. Sedangkan keenam melaporkan kepada PCNU Kota Pasuruan tentang rencana kegiatan selama Ramadhan dan laporan pelaksanaannya.

“Seluruh kegiatan yang akan dilakukan oleh lembaga dan banom harus disampaikan dan di kordinasikan kepada PCNU,” tambahnya.

Ketujuh penggunaan pengeras suara atau speaker luar pada waktu tadarus Al Quran hendaknya dibatasi sampai dengan pukul 21.00 WIB dan disarankan menggunakan speaker dalam ruangan saat tadarus masih dilanjutkan. Sedangkan ke delapan selalu menghadiri pengajian-pengajian di masjid dan musholla agar menjaga suasana Ramadhan dan kondusivitas situasi Kota Pasuruan dengan penuh rasa persaudaraan dan persatuan.

Kesembilan melaporkan temuan yang dianggap mengganggu suasana Ramadhan kepada pemerintah tingkat kelurahan, kecamatan atau pemerintah kota dan tidak melakukan sweeping.

Kesepuluh menyampaikan kepada masyarakat bahwa LAZISNU Kota Pasuruan memiliki program Mahabah Ramadhan dengan berbagai paket sembako untuk para dhuafa’seharga 80.000/paket, belanja baju lebaran untuk anak yatim seharga200.000/paket, berbagi paket takjil seharga 10.000/paket dan 

pengumpulan dan distribusi zakat fitrah seharga45.000/paket.

Gus Amak juga menghimbau kepada tukang parkir disekitar alun alun kepada tukang parkir yang berada di sekitar alun-alun untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid Jamik Al Anwar Kota Pasuruan.

“Demikian himbauan kami mari kita jaga suasana ramadhan dengan khidmat agar pasuruan bisa menjadi kota madinah penampilannya dan madinah suasananya,” tutupnya. 

Penulis : M Faisol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PCNU KOTA PASURUAN