KH Abdul Halim Mas’ud Ungkap Pentingnya Bermazhab Kepada Generasi Z

Purworejo, NU Kota Pasuruan

Rois Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pasuruan KH Abdul Halim Mas’ud mengatakan, para ulama sepakat akan pentingnya bermazhab dalam beragama. Menurutnya untuk mengetahui syariat harus berpegang teguh pada pendapat generasi salaf (Nabi dan sahabat).

“Generasi tabi‘in berpegang teguh pada para sahabat. Generasi tabi‘it tabi‘in berpegang teguh pada para tabi‘in. Demikian seterusnya setiap generasi (ulama) berpegang teguh pada generasi sebelumnya,” ujarnya dalam acara Dauroh Muslim Milenial, di Aula PCNU Kota Pasuruan, Ahad (31/04/2024).

Menurutnya banyak ulama yang setara dengan Imam Syafi’i, Abu Hanifah, Malik dan Hambali namun mereka tidak memiliki murid yang menjelaskan pemikiran sehingga hanya empat madzhab inilah yang diakui oleh ahlusunah wal jamaah.

“Tradisi menukil  tidak bisa dilakukan kecuali satu generasi ulama menukil dari generasi sebelumnya  mereka tidak bisa mengabaikan mazhab-mazhab yang sudah ada sebelumya,” tambahnya.

Ahlussunnah wal Jama’ah, satu dari sekian firqoh (golongan dari umat Islam) yang dikatakan Rasulullah SAW sebagai as-Sawad al-A’dzam (umat Islam terbanyak) juga sebagai golongan yang selamat, maka dari itu umat Islam yang bermazhab Ahlussunnah akan selalu konsisten mengikuti ajaran Rasulullah SAW dan Khulafaurrosyidin.

“Jadi, umat Islam yang bermazhab Ahlussunnah wal Jama’ah adalah mereka yang konsisten mengikuti ajaran Nabi dan sahabat. Mengamalkan Agama dan sikap beragamanya  akan selalu mengikuti ulama, ulama yang mengikuti para imam Mazhab,” terangnya.

Gus Halim sapaan akrabnya menegaskan bahwasanya bermazhab itu sangat penting bagi orang beragama agar pemahaman dan praktik agamanya benar. Karena bermazhab merupakan metode untuk mengetahui hukum suatu peristiwa yang dihadapi dengan merujuknya pada fiqih mazhab tertentu yang dianut atau upaya penyimpulannya dilakukan berdasarkan ushul al-mazhab yang diyakininya. 

“Jika kita bermazhab akan lebih aman, terjaga, selamat dari kekeliruan pemahaman, jauh dari ketersesatan dan lebih maslahat apabila dalam beragama umat Islam bersedia mengikuti dan terikat kepada salah satu dari mazhab yang empat,” tendasnya.

Penulis : M Faisol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PCNU KOTA PASURUAN