Kembangkan Urban Farming PCNU Kota Pasuruan Gelar MoU Dengan Unmer Pasuruan

Purworejo, NU Kota Pasuruan

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pasuruan mengelar Memorandum of Understanding (MoU) bersama Universitas Mereka Pasuruan terkait pengembangan pertanian urban farming, di Aula PCNU Kota Pasuruan, Selasa (28/11/2023).

Ketua PC LPPNU Kota Pasuruan Zulkarnain Mahmud tujuan MoU dengan Unmer secara garis besar dalam bidang penelitian, pengabdian pada masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia di bidang pertanian.

“MoU dilakukan juga dalam rangka merespon banyak hal yang akan dilakukan NU melalui Gerakan Keluarga Maslahat NU (GKMNU) seperti program peduli lingkungan, ketahanan pangan keluarga, pengolahan sampah menjadi pupuk organik,” ujarnya.

Lebih lanjut Zulkarnain mengatakan, kami juga bersinergi untuk pengembangkan urban farming melalui Kawasan Pangan Rumah Lestari (KRPL) serta sistem tanam vertikultur sehingga, pemenuhan kebutuhan pangan keluarga kedepan terpenuhi melalui pekarangan rumah masing masing warga.

“Program pengembangan urban farming merupakan gagasan yang tidak instan perlu banyak kerjasama dan ketekunan agar sumbangsih LPPNU nyata sesuai visi kita,” tendasnya.

Sementara Rektor Universitas Merdeka Pasuruan Sulistyawati mengatakan, urban

farming merupakan salah satu model intensifikasi lahan yang cocok diterapkan di perkotaan. 

“Banyak model yang bisa digunakan, diantaranya menanam dalam pot, verticultur, hidroponik, dan sebagainya. Intinya dengan lahan/pekarangan yang sempit, masyarakat tetap dapat berbudi daya, minimal untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari,” ujarnya.

Menurutnya Universitas Merdeka Pasuruan sebagai unsur akademisi yang juga punya tanggung jawab terhadap perkembangan Kota Pasuruan khususnya peningkatan SDM melalui bekal ilmu pengetahuan sesuai bidang masing-masing program studi.

“Khusus untuk mahasiswa program studi Agroteknologi, dalam kurikulum dimasukkan mata kuliah tentang pertanian secara umum maupun khusus, diantaranya tentang urban farming,” ujarnya.

Dirinya berharap ke depan kompetensi yang dimiliki mahasiswa atau lulusan dapat ditularkan kepada masyarakat sekitar melalui program/kegiatan yang digagas oleh LPPNU Kota Pasuruan bersama dengan Fakultas Pertanian Universitas Merdeka Pasuruan.   

“Semoga dengan adanya kegiatan ini kita bisa bersama sama mewujudkan pertanian urban farming,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PCNU KOTA PASURUAN