Hari Santri, 30 Guru NU Dianugrahi Lencana Bintang

Purworejo, NU Kota Pasuruan

Dalam rangka peringati Hari Santri Nasional (HSN) 2023, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma`arif NU Kota Pasuruan anugrahi lencana bintang Ma`arif NU pada tiga puluh guru, Kamis (26/10/2023). Kegiatan tahunan tersebut dipusatkan di Aula PCNU Kota Pasuruan.

Sebagai Ketua PC LP Ma`arif NU Kota Pasuruan, Ahmad Mudhofir Tri Wahyudi yang akrab disapa Dhofir itu mengaku bahwa sudah menjadi kewajiban pengurus LP Ma`arif untuk peduli serta memberikan apresiasi atas ketulusan guru yang mengajar lebih dari 20 tahun di suatu lembaga pendidikan.

“Benruk khidmah yang luar biasa di dunia pendidikan, yang diberi lencana ialah guru yang mengajar lebih dari dua puluh tahun berturut-turut di suatu tempat, jadi tempatnya tidak pindah-pindah,” tutur Dhofir.

Hal itu sebagai indikasi nyata bahwa sang guru memang mencintai lembaga tempatnya berkhidmah serta tidak terpengaruh oleh faktor-faktor lainnya seperti upah yang lebih tinggi di tempat lainnya dan sebagainya.

“Mulanya kami mengirim surat permohonan ke sekolah-sekolah yang di dalamnya ada syarat-syarat guru yang diberi penghargaan. Lalu kami melakukan verifikasi dan didapatlah 30 orang guru tersebut,” imbuhnya.

Dhofir menyebutkan bahwa program tersebut menjadi inspirasi bagi guru muda sekaligus motivasi untuk meningkatkan kualitas khidmah. Pasalnya, banyak kisah-kisah haru para penerima lencana bintang dalam mengabdikan dirinya di dunia pendidikan.

“Ada yang awalnya dibisyarohi Rp1.500 sampai hari ini kurang lebih Rp600.000 per bulannya. Beliau ini berprinsip yang penting adalah keberkahan, sebab keberkahan tidak dapat diukur pakai perhitungan manusia,” pungkas Dhofir.

Sebagai tambahan informasi, program tersebut bersinergi dengan Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Pasuruan.

Penulis : Diana Putri Maulidia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PCNU KOTA PASURUAN